Deskripsi Mata Kuliah:
Mata kuliah ini membahas konsep, teori, dan teknik dalam mendiagnosis kesulitan belajar yang dialami peserta didik. Fokus utama diarahkan pada pemahaman berbagai jenis kesulitan belajar, faktor penyebabnya (baik internal maupun eksternal), serta pendekatan dan instrumen yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi permasalahan belajar secara sistematis. Mahasiswa akan dilatih untuk melakukan observasi, wawancara, tes diagnostik, dan analisis data hasil asesmen guna menentukan strategi intervensi atau layanan bimbingan yang sesuai. Dalam konteks Pendidikan Agama Islam, mata kuliah ini juga menekankan pentingnya pendekatan nilai, spiritualitas, dan kultural dalam memahami dinamika belajar siswa.
Capaian Pembelajaran:
Setelah mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu:
- Memahami konsep dan karakteristik kesulitan belajar.
- Mengidentifikasi faktor-faktor penyebab kesulitan belajar secara holistik.
- Menggunakan berbagai teknik dan instrumen diagnostik secara tepat.
- Menganalisis hasil diagnosis dan merancang strategi penanganan yang sesuai.
- Menunjukkan sikap empatik, objektif, dan profesional dalam menangani kasus kesulitan belajar.
PENGANTAR PERKULIAHAN &
PERTEMUAN 1-4
Bagian adalah perkuliahan untuk 4 kali tatap muka yang berisi tentang pengantar perkuliahan dan materi yang akan dipelajari serta dilengkapi soal latihan yang harus dikerjakan dengan materi antara lain tentang: 1. Pengantar, 2. Klasifikasi Kesulitan Belajar, 3. Faktor Penyebab Kesulitan belajar, 4. Proses Diagnosa Kesulitan Belajar.
Kerjakan soal latihan sesuai dengan waktu yang ditetapkan agar mandapatkan nilai disetiap pertemuan perkuliahannya.

PERTEMUAN 5-8
Bagian adalah perkuliahan untuk 4 kali tatap muka yang berisi tentang pengantar perkuliahan dan materi yang akan dipelajari serta dilengkapi soal latihan yang harus dikerjakan dengan materi antara lain tentang: 1. Penggunaan Tes Standar dalam Diagnosa, 2. Observasi dan Wawancara dalam Doagnosa, 3. Kesulitan belajar pada Anak dengan Gangguan Perkambangan, 4. Peran Keluarga dalam Diagnosa.
Kerjakan soal latihan sesuai dengan waktu yang ditetapkan agar mandapatkan nilai disetiap pertemuan perkuliahannya.

PERTEMUAN 9-12
Bagian adalah perkuliahan untuk 4 kali tatap muka yang berisi tentang pengantar perkuliahan dan materi yang akan dipelajari serta dilengkapi soal latihan yang harus dikerjakan dengan materi antara lain tentang: 1. Diagnosa Kesulitan Belajar dalam Konteks Multikultural, 2. Kesulitan Belajar dalam Berbagai Usia, 3. Teknik Penyusunan Laporan Diagnosa, 4. Penanganan Kesulitan Belajar Berdasarkan Diagnosa.
Kerjakan soal latihan sesuai dengan waktu yang ditetapkan agar mandapatkan nilai disetiap pertemuan perkuliahannya.

